Pulau Kalong, Labuan Bajo

Kenapa sih namanya pulau Kalong? Karena ternyata di sana adalah sarang dari ribuan kelelawar yang tidur di siang hari dan mencari makna di malam hari. Ribuan? Iya, bahkan mungkin puluhan ribu, karena memang banyak sekali.

Kapal kami sengaja berlabuh di dekat pulau ini untuk menikmati sunset setelah berlayar dari pulau Rinca sore tadi. Rencananya sauh akan dipasang dan kami bermalam di sini dan menghirup udara laut lepas.

credit:salmon hungan

Saya sangat excited dengan sailing trip ini, karena merasakan hal yang berbeda dengan trip-trip lain. Salah satu yang selalu berkesan adalah kesempatan untuk menikmati sunset yang begitu indah di lautan lepas ini. Sunset yang terasa lebih menyentuh hati selama prosesnya. Di sini kita bisa mengamati matahari kembali ke peraduannya dengan lembut. Warnanya berubah menjadi keemasan dan merah yang membuat langit membara. Bayangan hitam pulau-pulau sebagai background, hembusan angin laut tanpa polusi, goyangan lembut ombak . Semuanya berpadu membuat suasana begitu tenang, damai, indah, menakjubkan dan agung.

credit: salmon hungan

Tepat sesaat sebelum matahari sepenuhnya hilang, terdengar suara khas kelelawar yang makin keras dari arah pulau Kalong. Lalu semakin jelas hentakan kepak sayap mereka, dan… emejiiinnngggg…. Ribuan, atau mungkin puluhan ribu kalong beterbangan dari pulau melintas di atas kapal, mereka memulai perburuan mencari makan. Kejadian ini berlangsung cukup lama, kira-kira sekitar 15 menit. Saya terpana melihatnya dan hampir lupa mengambil moment luar biasa menarik ini. Beruntung masih sempat mendapatkan beberapa foto yang lumayan hasilnya. 

Sungguh, rasanya saya kehabisan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan moment sekeren ini. Langit yang merah membara menjadi seperti lukisan alam dengan ribuan kelelawar hitam, cantik sekali. Indonesiaku, betapa luar biasanya negeriku dan betapa beruntungnya saya.



Bacahttp://tikadewikadidjarso.com/labuan-bajo-pesona-alam-indonesia-timur/

One Reply to “Pulau Kalong, Labuan Bajo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *