LABUAN BAJO, PESONA ALAM INDONESIA TIMUR

Akhir tahun lalu saya beruntung mendapatkan kesempatan mengunjungi Labuan Bajo, sambil mengawal group kecil.

Siapa yang tak ingin ke Labuan Bajo? Berlayar mengunjungi pulau-pulau cantik yang masih alami dengan pemandangan laut lepas yang begitu mempesona.

Perjalanan berawal dari Bandara Ngurah Rai, bertemu dengan sahabat-sahabat saya, kami memang berencana melakukan trip bersama. Kali ini berempat saja dari Denpasar, namun pasti seru, karena akan bertemu dengan group lain di sana.

Walaupun sempat delay, akhirnya berangkat juga pesawat Garuda ATR72-600  yang kami tumpangi.

Cukup deg-deg an juga naik pesawat kecil ini, dan lega ketika landing dengan selamat di Labuan Bajo. Pandangan mata saya langsung  terpesona dengan gambar Komodo raksasa yang menyambut. Kesan pertama, memang pulau ini masih begitu alami, indah dan segar. Oya, di sini signal HP selain dengan Telkomsel akan langsung hilang signal. Siapkan kartu Simpati ya, biar gak mati gaya karena gak bisa update status.

bandara labuan bajo

Kami langsung menuju ke hotel kecil dekat bandara. Hotel Green Prundi, walau kecil namun bersih dan nyaman. Sesudah mandi, saatnya kami pergi makan malam.

Kami sepakat mencoba kelezatan ikan segar di wisata kuliner Kampung Ujung.

Sampai di sana, ternyata tempatnya berlokasi di sebuah area terbuka. Banyak warung makan berjajar, semuanya rata-rata menjajakan fresh sea food. Selain penduduk lokal dan wisatawan domestik, ternyata banyak juga turis asing yang makan malam di sini.

Duuuhh… Galau lihat pilihan udang, cumi dan beraneka ikan segar dengan warna-warni yang cantik ini, rasanya sayang sekali kalau harus dibakar dan dimakan.


Akhirnya pilihan jatuh pada ikan kue untuk dibakar dan cumi untuk digoreng crispy.

Memang nggak salah pilih menu dan tempat. Walau jalanan tanah becek sehabis gerimis siang tadi, ternyata tak mengurangi kenikmatan makan.

Hidangan tandas dan bersih saking nikmatnya. Ikan kue bakar ini manis dan lembut sekali di lidah, cumi crispynya juga renyah dan pas bumbunya. Perut langsung tenang dan damai, hahaha… Saatnya kembali ke hotel dan istirahat karena besok pagi kami sudah harus siap sailing.

Pagi ini saya bangun cepat, mandi, packing, sarapan, lalu segera kami berangkat ke pelabuhan. Kapal telah menunggu, demikian juga 4 teman baru dari group lain. Bakalan rame karena kami pergi berdelapan dengan satu guide merangkap fotografer. Lalu, cuuusss… kami memulai pelayaran seru di Labuan Bajo, yeeaaaa….

Hari pertama sailing diawali dengan mengunjungi pulau Kelor dan trekking sampai ke puncak dimana kami bisa melihat view yang luar biasa indah dari ketinggian.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/pulau-kelor-labuan-bajo/

Puas dengan view cantik pulau Kelor, kami lanjut ke dermaga Menjerite, snorkeling menikmati terumbu karang dan ikan2 cantik yang bikin mata terpana dengan kekayaan laut kita. 

Snorkeling ternyata menghabiskan banyak energi. Kami langsung makan siang di atas kapal dengan menu laut yang menggoyang lidah. Menunya lengkaaappp… Pokoknya nggak usah takut kehabisan stock deh, apalagi sampai kelaparan.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/dermaga-menjerite-labuan-bajo/

Perjalanan lanjut ke pulau Rinca dan menyaksikan komodo yang sedang bermalas-malasan.

Dua ranger menemani selama perjalanan, dijamin aman ya. Kembali ke kapal, snack sore sudah menyambut, pisang goreng keju coklat dan jus mangga. Duuuhh… Bener-bener nggak sempat lapar…

Baca http://tikadewikadidjarso.com/pulau-rinca-labuan-bajo/

Pulau Rinca


Sore pertama kami habiskan dengan berlabuh dan menikmati sunset di pulau Kalong.

Sehabis hujan cuaca cukup cerah, jadi bisa dapat pemandangan kereeeennn habis.
Menutup hari ini dengan sunset cantik dan menyaksikan ribuan kelelawar yang terbang sambil bermalas-malasan di atas dek atas. Nyata sangat betapa indahnya alam negeri ini.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/pulau-kalong-labuan-bajo/

Pulau Kalong

Hari kedua terbangun karena sunrise indah yang bisa dilihat dari jendela kabin. Rasanya excited karena pagi ini kami langsung menuju Pulau Padar.

Dan woowww… Pulau Padar ini memang luar biasa keren. Walau penuh perjuangan mendaki ratusan anak tangga (jangan kuatir, tracking di pulau Padar cukup landai kok). Semua terbayar lunas begitu menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Amazing….

Baca http://tikadewikadidjarso.com/pulau-padar-keindahan-alam-labuan-bajo/

Lanjut ke Pink Beach, pantai cantik dengan pasir berwarna pink, real pink.

Indahnyaaaa… Berasa romantis banget bermain pasir di pantai ini. Apalagi setelahnya kami bisa snorkeling sampai puas. Masih belum lelah, snorkeling berlanjut saat berlabuh di Taka Makasar. Gundukan pasir unik ini nan mungil ini memang bikin penasaran, karena seperti muncul begitu saja dari laut.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/pink-beachpantai-ter-laafff-di-labuan-bajo/ danhttp://tikadewikadidjarso.com/taka-makasar-pulau-mungil-yang-unik/

amazing pink beach

Gili Lawa, pulau yang beberapa waktu lalu terbakar, adalah destinasi terakhir yang kami kunjungi hari kedua ini.

Walau kawasan ini masih tertutup bagi wisatawan, kami terhibur dengan rusa-rusa ramah dan jinak yang menghampiri saat kami tiba.

Trenyuh hati ini saat tahu mereka lapar dan haus. Beruntung awak kapal sudah menyiapkan makanan dan air minum untuk mereka. Walau beruntung selamat dari kebakaran, rusa-rusa ini kekurangan bahan makanan dan air bersih sejak kebakaran.

Bacahttp://tikadewikadidjarso.com/senja-di-gili-lawa-dan-sebuah-kisah-tentang-rusa/

Gili Lawa

Setelahnya, saat yang paling menyenangkan dan menenangkan, adalah menikmati sunset cantik di malam terakhir ini. Kapal berlabuh di Gili Lawa hingga besok pagi kembali berlayar berburu Manta.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/senja-di-gili-lawa-dan-sebuah-kisah-tentang-rusa/

Hari terakhir, pagi-pagi Saya bangun untuk menikmati sunrise. Cantik banget.

Bahkan ada lumba-lumba yang menari, sayang tidak bisa terekam baik di camera. Sambil sarapan kapal berlayar menuju Manta point, sayang sekali hari ini kami belum beruntung bertemu dengan Manta. 

Pulau Kanawa

Tak apalah, kami cukup terhibur dengan ikan-ikan cantik dan biota warna-warni di Pulau Kanawa, keren banget dinikmati sambil snorkeling. Juga bisa hunting spot foto-foto keren dan selfi di sepanjang pantai dan dermaga. Dijamin puas.

Baca http://tikadewikadidjarso.com/kanawa-island-pulau-cantik-di-labuan-bajo/

Akhirnya, saatnya harus kembali ke peradaban, mengejar pesawat sore ini. Dipuaskanlah mata memandang laut lepas sambil meresapi keindahan pulau-pulau yang kami lewati. Membiarkan mata dibelai  semua warna biru bergradasi dengan apiknya. Sungguh indah negeri tercintaku ini, betapa bersyukur dilahirkan di negeri kaya dan luar biasa ini.

Labuan Bajo, someday I’ll be back again…

9 Replies to “LABUAN BAJO, PESONA ALAM INDONESIA TIMUR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *