KANAWA ISLAND, Pulau Cantik di Labuan Bajo

Hari ini adalah hari terakhir sailing Labuan Bajo, saya bangun pagi-pagi untuk menikmati sunrise terakhir di lautan lepas. Kapal masih tenang berlabuh di Gili Lawa. Pagi cerah dan laut begitu tenang, rasanya damai. Ada banyak ikan warna-warni di bawah kapal dan seekor penyu berenang melintas di depan buritan.

Sambil sarapan, kami berlayar menuju Manta Point, sekali lagi berharap bertemu beberapa ikan pari. Namun memang kami tampaknya belum beruntung, tak ada satu pun ikan pari muncul di sepanjang perburuan kami. Baiklah tak apa, semoga masih diberi hari lain untuk bisa bertemu ikan pari yang cantik ini.

Lalu kami melanjutkan perjalanan ke sebuah pulau terakhir yang menanti, Kanawa Island. Pulau cantik dengan spot-spot diving dan snorkeling yang terkenal indahnya. Kami naik ke dermaga kayu panjang menuju pulau yang tidak seberapa besar.

Pulau Kanawa memang memanjakan pengunjung yang gemar ber-selfie juga bagi mereka yang suka mengabadikan keindahan alam.

Banyak spot keren untuk hasil foto cantik yang instagramable. Pantai berpasir putih yang bersih dengan deretan pohon cemara, gunung yang tampak dari kejauhan, boat yang bersandar dengan manis di pantai, terumbu karang yang jelas terlihat dari dermaga, ayunan untuk bersantai, pondok bambu untuk berteduh. Apalagi yang kurang? Semua seru dan akan membuat kamu sibuk bergaya untuk menghasilkan foto-foto terbaik.

Tidak hanya untuk selfie, tapi pasti juga romantis untuk foto bersama pasangan dan seru bila bersama sahabat dan teman. Jangan salah, banyak juga loh pasangan yang memilih honeymoon di Labuan Bajo.

Saya memutuskan untuk menikmati saja keindahan hari ini di daratan, tidak ikut berbasah-basah berburu keindahan alam bawah laut.

Hanya ingin menghirup udara laut yang segar dan memandang pesona alami ini sepuasnya. Mengabadikan semua detail moment dan lukisan alam sebanyak-banyaknya. Menikmati hari dan destinasi terakhir dengan menanamkan semua kenangan indah ini kuat-kuat ke dalam memori.

Rasanya tak akan pernah ada kata puas mengeksplore kekayaan negeri yang luar biasa ini. Namun waktu berakhir jua, saat pulang telah tiba. Kami harus bergegas mengejar waktu karena jadwal penerbangan sudah diagendakan. Jarak dari pelabuhan menuju ke bandara hanya sekitar sepuluh menit, jadi kami agak tenang walau waktunya pas sekali sampai  di  pelabuhan.

Ternyata pesawat masih delay, sehingga kami masih sempat berfoto ria dengan background photoboth di bandara. Saat boarding, sekali lagi saya menyadari, bahwa rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo adalah wisatawan asing. Dalam pesawat Wings-ATR yang saya tumpangi ini, saya hitung hanya tujuh orang domestik dari keseluruhan jumlah penumpang dimana terisi kurang lebih tiga perempat dari total jumlah kursi. Bahkan pilot kami pun bukan dari Indonesia.

Rasa-rasanya memang harus lebih gencar lagi promosi untuk tour domestik bagi wisatawan domestik, terutama untuk wilayah IndonesiaTimur ini.

Selain karena memang sangat mempesona, semestinyalah kita lebih mengenal keindahan negeri sendiri dibandingkan keindahan negeri lain. Yuk luangkan waktu untuk berwisata menjelajah alam Indonesia yang cantik dan luar biasa kaya dan indah ini.

Note: Baca juga kisah perjalanan lengkap di http://tikadewikadidjarso.com/labuan-bajo-pesona-alam-indonesia-timur/

One Reply to “KANAWA ISLAND, Pulau Cantik di Labuan Bajo”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *