Kampung Singkong Salatiga-Singkong Keju D9

Kampung Singkong Salatiga. Kampung wisata kuliner dengan menu utama singkong ini selalu penuh pengunjung. Kreatifitas penduduk Ledok, Argomulyo ini memang mengundang minat pecinta kuliner. Singkong, yang dikenal dengan makanan ndeso ini berubah menjadi salah satu oleh-oleh khas Salatiga yang paling dicari.

Setelah Gethuk Kethek yang terkenal, maka kini bertambah menu pilihan dari singkong yang menjadi ikonik. Dari berbagai merk singkong yang ditawarkan, pemilik Singkong Keju D9 adalah pioner pembuat singkong presto di Kampung Singkong Salatiga.

Jpeg

Kisah berawal dari tahun 2009, pak Haryadi, pemilik usaha Singkong Keju D9, mulai berjualan singkong presto dengan gerobak di Lapangan Pancasila. Dengan bahan baku 5kg sehari, berhasil mengembangkan bisnisnya hingga sebesar sekarang. Walaupun tidak lagi berjualan di Lapangan Pancasila, namun sekarang rumahnya diubah menjadi Kafe Singkong Keju D9.

Karena kebetulan saya lupa memotret singkong keju di lokasi, foto saya ambil dari google, dokumentasi dari garnesia.com

Menarik mengikuti kisah perjalanan pengusaha Singkong Keju D9 yang pernah diundang di acara Kick Andy ini. Bahkan nama D9 ini ternyata adalah nomer kamar sel pak Haryadi sewaktu mendekam di penjara karena kasus narkoba. Perjuangannya untuk bersih dari narkoba dan menjadi sukses seperti sekarang layak untuk menjadi contoh. Omzet penjualannya sekarang bahkan mencapai 2-3 ton singkong per hari.

Dari olahan singkong ini kita bisa memilih dari berbagai varian rasa mengoda. Singkong original, Singkong Keju Mayones, Singkong Daging Sapi Lapis Keju, Singkong Keju Tuna, dll. Bukan hanya singkong yang tersedia dan bisa dinikmati di cafe ini. Ada banyak pilihan lainnya seperti gemblong cotot, rolade daun singkong, gethuk telo ungu,timus, lumpia, resoles, egg roll waluh, macam-macam snack, hingga berjenis-jenis keripik dan bahkan ice cream jadul.

Jpeg

Wah… wah… bisa kalap dan lapar mata kalau berkunjung ke Cafe Singkong Keju D9. Apalagi bagi pecinta makanan tradisional, pas sekali menikmati camilan sambil ngopi di sini.

Jpeg

Mau dibawa pulang? Bisa bangeeett.. Tersedia juga singkong frozen yang aman dibawa dalam perjalanan. Kalau mau yang siap santap juga bisa, ada kemasan untuk dibawa pulang.

Masalah harga, pasti terjangkau. Terakhir saya berbelanja ke sini harganya masih sama. Untuk singkong frozen harganya Rp. 10.000/pax. Singkong goreng original Rp. 15.000/dus, singkong keju Rp. 16.000/dus dan singkong keju coklat Rp. 17.000/dus. Semua nikmat dimakan hangat-hangat, crispy dan renyah digigit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *