Bali Bird Park, Taman Burung Wisata Keluarga

Ini adalah salah satu wisata favorit saya, Bali Bird Park. Berlokasi di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali. Lokasinya dekat dengan Bali Safari Marine Park.

Mengunjungi Bali Bird Park bukan hanya melihat kecantikan ribuan burung-burung yang dirawat dengan baik. Tetapi mata juga dimanjakan dengan keindahan taman yang terdiri dari ribuan species dari berbagai daerah di Indonesia.

Tau nggak, taman burung ini berada di lahan seluas kurang lebih 2Ha. Ada sekitar 1000 burung dari 250 species berbeda, sebagian adalah burung langka. Demikian juga tamannya terdiri dari sekitar 2000 species berbeda. Wooow… Kebayang kan bagaimana indah dan berwarna-warninya taman burung ini.

Harga tiket domestik Rp. 140.000/dewasa dan Rp. 75.000/anak. Buka mulai jam 09.00-17.00 WITA.

Oya, jangan lupa minta brosur di loket ya, karena ada jadwal pertunjukan kerennya. Jangan sampai terlewat jam-jam pertunjukannya.

Jadwal atraksi dari Bali Bird Park
Perhatikan jadwal atraksi ya, karena seringkali kita terlalu asik dengan burung-burung ini sehingga lupa dengan pertunjukannya.

Beberapa atraksi yang menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah Basic Instinct, Lory feeding, Pelican feeding, Meet the Bird Star. Ada juga pemutaran film 4 dimensi dengan film yang berbeda-beda di setiap sesi pemutarannya. Semua ini bisa kita nikmati tanpa menambah biaya lagi.

Setelah dari loket, menuju ke taman, langsung terasa suasana alam menyapa. Kerindangan pohon-pohon besar dan hijaunya taman yang tertata indah. Banyak burung berwarna-warni hinggap di pepohonan, semuanya jinak dan terlihat sehat bahagia. Suara alam berbaur dengan kicauan bermacam-macam jenis burung. Rasanya damai.

Di bagian kiri berderet sangkar-sangkar besar denganburung-burung cantik. Ada papan nama yang menjelaskan dengan detail jenis species dan asal habitatnya. Lengkap dengan fotonya pula. Rapi dan komunikatif. Kita bisa belajar banyak di sini. Koleksi burung dalam negeri berasal dari Papua, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali dan dari luar negeri berasal dari Amerika Selatan dan Afrika Selatan.

Burung-burung cantik ini ramah dan terlatih sekali.

Berkeliling di taman burung, setiap spot menarik untuk diabadikan. Beberapa burung terlatih untuk berfoto bersama para tamu. Burung-burung ini indah warnanya dan jinak sekali, bersahabat dan mau berinteraksi dengan pengunjung. Namun jika jam makan, maka kegiatan ini akan dihentikan sementara. Memberikan kesempatan burung-burung makan dan istirahat.

Di beberapa lokasi bahkan burung-burung dibiarkan bebas berkeliaran dan terbang di pohon-pohon. Bisa berfoto dekat sekali dengan mereka walau tanpa pawangnya. Keren banget…

Di area taman juga terdapat bangunan rumah adat Toraja bernama Tongkonan. Rumah panggung dengan atap melengkung menyerupai perahu, terbuat dari susuan bambu. Rumah adat ini terawat baik dan berbaur serasi dengan sekitarnya.

Tamannya juga memiliki tema untuk masing-masing area.

Dinamakan dengan nama propinsi sesuai habitat burung dan tanaman yang berada di dalamnya. Saya terpesona dengan burung-burung pelikan yang bermain air di kolam kecil. Burung-burung berbulu putih ini memang menawan.

Lelah berkeliling, kita bisa menikmati gelato di Rainforest Cafe. Tersedia beberapa pilihan minuman dan snack selain es krim. Sementara Dine & Shop Restaurant menyedikan menu lengkap dan terletak di bagian depan dekat pintu masuk.

Saran saya, sebaiknya datang ke tempat ini pagi. Sehingga bisa menikmati semua atraksi, juga bisa explore taman sepuasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *